Minggu, 07 November 2010

Percepat Akses Hardisk Dengan MyDefrag

Sebuah hardisk semakin lama dipakai maka akan semakin berkurang kecepatan aksesnya. Hal ini karena setiap kali kita menghidupkan komputer, secara otomatis sistem akan membuat RAMDISC (menitipkan sebagian file yang harus ditampung di memori ke dalam hardisk). Selain itu, hardisk juga dibebani file-file resident, template dan file-file lain yang menunjang agar sebuah program berjalan. Hal ini terjadi secara berulang, terus-menerus sehingga semakin banyak ruang hardisk yang terpakai untuk file sementara tadi.
       Selanjutnya, bila kita mematikan komputer maka file-file tadi sebagian akan terhapus oleh sistem. Sehingga, tatanan file hardisk tidak lagi rapat, tetapi berlubang-lubang. Selain itu, komputer agak lama tidak kita hidupkan, maka hardisk akan terfragmentasi. Hardisk yang terfragmentasi lama-lama bisa mengakibatkan bad sector. Apalagi jika listrik yang digunakan tidak cukup stabil, maka hardisk semakin cepat rusak.
       Sebelumnya, Anda mungkin telah mengenal program-program untuk mendefragmentasi hardisk seperti Disk Defragmenter bawaan dari Ms Windows, atau Speed Disc dari Norton. Saat ini, program-program tersebut sudah payah untuk diandalkan mendefrag hardisk. Selain tidak gratis, juga terlalu lambat, tidak sebanding dengan volume hardisk dewasa ini yang beratus gigabit.
      Untuk itu, Anda bisa mencoba menggunakan MyDefrag. Sebuah software gratis yang selain andal, juga mampu melakukan defrag dengan lebih cepat. Download....
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar