Senin, 08 November 2010

Ayam mutiara

Ayam mutiara adalah jenis unggas dari keluarga Phasianidae yang tidak dapat terbang. Hewan ini berasal dari daratan Afrika yang banyak menghuni Savana dan semak belukar secara bergerombol. Karena itulah sesungguhnya hewan ini tidak suka sendiri.
           Di habitat asalnya banyak makan serangga dan tumbuh-tumbuhan. Ciri khasnya adalah warna bulunya yang hitam dengan bintik-bintik putih kecil dengan leher dan kepala tidak berambut. Bentuknya khas, bulat lonjong dengan kepala botak. Ukurannya, panjang sekitar 40-70 cm dan berat badan 700-1600 gram. Selain itu ayam ini bersuara nyaring. Ayam mutiara saya bahkan setiap waktu maghrib pasti ribut.
          Ayam mutiara bisa bertelur 30 butir dalam semusim. Namun, tidak semuanya bisa ditetaskan. Hal ini karena ayam jenis ini kurang rajin kawin. Telur ayam mutiara bisa ditetaskan oleh induknya, dititipkan ayam kampung atau menggunakan mesin tetas.

Ayam mutiara peliharaanku

          Ayam hias nan cantik ini harganya mencapai 300-400 ribu rupiah per ekor untuk induk. Sementara untuk anakan, harga kisarannya 100 s/d 200 ribu rupiah. Harganya cukup menarik bukan ? Siapa mau mencoba beternak? 

2 komentar:

  1. barusan nemu ayam ini nyasar di rumah. hwaaaa.. ternyata..

    BalasHapus
  2. Dimana bisa beli ayam mutiara? Suwanto Tangerang

    BalasHapus