Selasa, 15 Maret 2011

Tentang Resonansi

Resonansi merupakan proses bergetarnya suatu benda karena ada benda lain yang bergetar. Hal ini terjadi sebab suatu benda bergetar pada frekwensi yang sama dengan frekwensi benda yang terpengaruhi. Contohnya, jika Anda memetik senar gitar, kebetulan ada teman yang berada dekat juga memegang gitar, maka senar gitar milik teman tadi juga ikut bergetar.

Metafora dari fenomena fisika "resonansi" ini banyak digunakan orang untuk menyampaikan maksud kebaikan pada orang lain. Resonansi kemudian berarti menggetarkan jiwa pribadi yang menyampaikan agar khalayak yang dituju ikut bergetar. Dalam hal ini resonasi juga berusaha memahami hidup ini kepada Anda sendiri, keluarga Anda, orang yang Anda cintai, dan kepada siapapun yang menghargai kehidupan.

Resonansi biasanya ditulis bersumber dari kisah-kisah nyata yang pernah dialami oleh diri sendiri atau orang lain yang ditata sehingga menyentuh perasaan. Resonansi banyak juga ditulis berdasarkan proses perenungan yang dalam si penulis yang diilhami oleh fenomena lingkungan, ilmu, dan wawasan filosofi.

Resonansi biasa dikemas dalam bentuk cerita atau kisah-kisah yang dapat membangkitkan semangat hidup, makna hidup, kebajikan, dan cinta. REsonansi juga bisa ditampilkan dalam uraian metaforis yang sedikit menyindir atau menyentil fenomena kehidupan, dengan maksud mengetuk hati kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar